Home > Wisata > Nagasaki

Nagasaki

6011_1068684730802_1636614854_219998_341127_nImpian masa kecil saya, ingin  bisa meninjak tanah selain indonesia, singkatnya ingin naik pesawat, Akhirnya terlaksana juga beserta teman- teman saya bisa meninjakkan kaki di negara yang dulu menjajah Indonesia .

Kalau menurut saya Nama Nagasaki itu diambil dari bahasa Indonesia lho,..Orang kita sering bilang bahwa binatang sang paling  sakti itu Naga, orang jepang langsung menamai kota dengan Nagasaki, karena salah ucap ti -nya tidak terbawa jadilah Nagasaki

Pasti tahu bahwa Nagasaki adalah kota yang pernah menjadi korban bom atom yang dijatuhkan Amerika. Peristiwa pengeboman Hiroshima dan Nagasaki mungkin adalah kejadian historis terbesar dalam sejarah umat manusia–menewaskan ratusan ribu orang dan mengakhiri Perang Dunia kedua.

Nagasaki Atomic Bomb Museum menyajikan koleksi dan informasi lengkap tentang bom atom di Nagasaki, sekaligus mengemas segalanya dengan sangat baik: konspirasi politik, kehancuran, kengerian, derita korban, kehilangan, dan harapan akan perdamaian.

Tanggal 8 Agustus, Fat Man sudah siap berada di pangkalan Tinian. Kali ini Charles Sweeney mendapat tugas untuk mengantar Fat Man ke target selanjutnya dengan pesawat Bockstar.7

Charles Sweeney sudah siap untuk penyerangannya bersama dengan kru-kru lainnya menuju Kokura.

Tanggal 9 Agustus, pukul 09 pagi, waktu Jepang, ternyata Kokura tertutupi oleh awan. Charles Sweeney tidak bisa melihat target yang berada diatas tanah. Padahal Fat Man yang diangkutnya harus di jatuhkan pada hari itu juga.

Akhirnya ia memutuskan untuk membelokkan sasaran.

Primary target di gugurkan, dan Charles Sweeney mengubah sasaran ke Nagasaki setelah konsultasi dengan pangkalan. Pukul 11 siang, Nagasaki sangat cerah saat itu.

Malangnya penduduk Nagasaki, mereka tidak mengira kalau itu adalah hari kehancuran.

Di siang yang cerah itu, Pesawat Bockstar memuntahkan muatannya. Tidak ada sasaran pasti, hanya cukup di jatuhkan di kota Nagasaki. Charles Sweeney langsung mengubah haluan untuk menghindari shockwave yang akan terjadi.

Bommmm seketika itu pun kota Nagasaki rata dengan tanah seperti halnya kota Hiroshima.

Dampak ledakan di Nagasaki lebih dahsyat daripada di Hiroshima. Radius 11 km dari hiposenter Fat Man hangus dilalap bola api. Tekanan shockwave meluluh lantakkan bangunan disekitarnya. Amerika berhasil membuat sebuah neraka baru di bumi Nagasaki.

Dengan begini, sudah dipastikan kalau Jepang akan kalah dalam Perang Dunia II.

Tanggal 12 Agustus, karena Jepang masih belum menyerah juga, maka Amerika berniat untuk mengantarkan satu buah bom lagi. Tapi karena kendala teknis dalam transportasi bom selanjutnya, maka jadwal pengeboman mundur hingga tanggal 16 Agustus.

Mereka tetap berniat menjatuhkan bom itu walaupun Hiroshima dan Nagasaki telah hancur.

Karena mereka ingin menglahkan Jepang dengan telak.

Jepang atas desakan dari bebarapa pihak, termasuk karena tekanan dari masyarakat yang menderita dari pengeboman itu, memaksa Kaisar harus menyatakan menyerah pada tanggal 14 Agustus kepada Amerika Serikat.

Hari itu, Jepang menyerah tanpa syarat, awal dari kemenangan sekutu.

Kabar menyerahnya Jepang hanya tersebar di lingkungan sekutu. Di wilayah kekuasaan Jepang, kabar ini belum tersiar. Seperti di Indonesia, kabar menyerahnya Jepang di anggam hanya gurauan belaka.

Tetapi, kabar itu akhirnya menyebar ke wilayah kekuasaan Jepang, termasuk Indonesia. Para tentara Jepang pun segera kembali ke Jepang.

Pada tanggal 16 Agustus, para pemuda Indonesia dapat memastikan kabar itu dari kemampuan menyadap radio luar negri. Akhirnya beberapa pemuda menemui Soekarno dan Moh Hatta untuk mendesak kemerdekaan Indonesia.

Akhirnya, tanggal 17 Agustus, Indonesia berhasil merdeka ditamdai dengan pembacaan proklamasi.

Pasukan Jepang pun diminta untuk segera keluar dari wilayah Indonesia.

Akhirnya, pada tanggal 2 September 1945, Jepang menanda tangani surat penyerahan diatas kapal USS Missouri di teluk Tokyo.

Begitu masuk, hal pertama yang kita lihat adalah ratusan (mungkin ribuan) origami warna-warni. Origami berbentuk paper cranes merupakan lambang perdamaian bagi orang Jepang. Origami ini dibuat oleh anak-anak di seluruh dunia dan banyak bertuliskan pesan perdamaian.

Categories: Wisata Tags:
  1. Maman
    May 16, 2010 at 1:13 am

    Hebat bisa ke jepang, di sana ngapain bos?salam kenal

  2. May 17, 2010 at 2:35 pm

    artikel yang bagus
    sayang saya ga di ajak ke sana 🙂

  3. rudin ningrat
    May 17, 2010 at 4:36 pm

    Maksih Mas Boyothc, dah mampir maju terus mas…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: