Home > Hardware > Mengatasi Masalah Hardware Komputer

Mengatasi Masalah Hardware Komputer

ComputerMungkin kita kesal kalo komputer kita ada masalah, Lagi enak-enaknya main komputer dan internetan tiba-tiba blank, hang, tak usah kita bawa ke tempat servis dudlu, coba kita analisa dulu apa masalhnya.

Masalah dengan komponen Hardware perlu penanganan yang serius karena sulit dilokalisir dan disingkirkan tanpa tools yang tepat, keahlian dan pengalaman yang menunjang. Penjelasan akan berkisar pada masalah yang sering terjadi disertai dengan cara mengatasinya.

Masalah Pada Power Supply

Gejala : Setelah dihidupkan PC tidak bereaksi apa-apa, tidak ada tampilan di monitor, tidak ada lampu indikator (led) yang menyala, kipas power supply tidak berputar, lampu indikator pada monitor tidak menyala.

Solusi : Periksalah apakah kabel terhubung dengan benar dan steker terpasang dengan baik pada soketnya, periksa juga apakah ada tombol on/off dibelakang tepatnya dibelakang Power Supply sudah dalam posisi On, Jika sudah yakin terpasang dengan benar tapi tetap tidak ada respon untuk meyakinkan silahkan anda ganti kabel power dengan yang anda yakini bagus. Masalah terjadi karena tidak adanya tegangan listrik yang masuk, kerusakan ada pada kabel power.

Masalah : Setelah dihidupkan PC tidak bereaksi apa-apa, tidak ada tampilan di monitor, tidak ada lampu indikator (led) yang menyala, kipas power supply tidak berputar, lampu indikator pada monitor menyala.

Solusi : lakukan seperti langkah diatas, tetapi jika masih belum ada respon berati masalah ada pada Power Supply, Silahkan anda ganti PS nya, Saya sarankan sebaiknya anda ganti saja Power Supply yang rusak dengan yang baru, dan hati-hatilah dalam pemasangannya.

Catatan : Jika kerusakan hanya pada Power Supply saja, Setelah anda menggantinya, komputer akan kembali bekerja dengan normal. Kecuali jika ada masalah pada komponen yang lainnya seperti Mother Board, VGA Card dan Memory.

Masalah Pada Mother Board

Gejala : Setelah dihidupkan, tidak ada tampilan di monitor, lampu indikator (led) di panel depan menyala, lampu indikator (led) monitor berkedip-kedip, kipas power supply dan kipas procesor berputar, tidak ada suara beep di speaker.

Solusi : Langkah pertama lepas semua kabel power yang terhubung ke listrik, kabel data ke monitor, kabel keyboad/mouse, dan semua kabel yang terhubung ke CPU, kemudian lepas semua sekrup penutup cashing. Dalam keadaan casing terbuka silahkan anda lepaskan juga komponen-komponen lainnya, yaitu kabel tegangan dari power supply yang terhubung ke Motherboard, harddisk, floppy, hati-hati dalam pengerjaannya jangan terburu-buru. Begitu juga dengan Card yang menempel pada Mboard (VGA, Sound atau Card lainnya). Sekarang yang menempel pada cashing hanya MotherBoard saja. Silahkan anda periksa Motherboadnya dengan teliti, lihat Chip (IC), Elko, Transistor dan yang lainnya apakah ada yang terbakar.

Jika tidak ada tanda-tanda komponen yang terbakar kemungkinan Motherboard masih bagus, tapi ada kalanya Mboard tidak jalan karena kerusakan pada program yang terdapat di BIOS

Masalah Pada Harddisk

Gejala : Pada saat CPU dinyalakan kemudian melakukan proses Post setelah itu proses tidak berlanjut dan diam beberapa saat tidak langsung masuk ke operating system, dan kemudian di layar monitor ada pesan “harddisk error, harddisk Failur, setelah itu muncul pesan “press F1 to continou” setelah kita menekan tombol F1 tidak masuk Operating system dan muncul pesan “Operating system not found”.

Solusi : Periksa kabel tegangan dan kabel data yang masuk ke harddisk apakah longgar, sebaiknya dikencangkan, kemudian nyalakan dan coba anda dengarkan apakah suara yang keluar dari harddisk normal, jika tidak normal berati harddisk rusak di controllernya.

Gejala : Pada saat CPU dinyalakan kemudian melakukan proses Post setelah itu muncul pesan “Operating system not found”.

Solusi : Ada kemungkinan Operating system rusak, bisa diatasi dengan install ualng atau jika OS anda menggunakan windows 2000/XP ada Fasilitas Repairnya. atau ada kemungkinan juga harddisk anda tidak terdeteksi dan lakukan langkah diatas

Gejala : harddisk bad sector?

Solusi : Ada beberapa faktor penyebab terjadi bad sector diantaranya, tegangan listrik tidak stabil, sering terjadi putusnya aliran listrik secara mendadak, setelah pemakaina tidak di shot down, pemakaian yang terlalu lama, ada 2 jenis bad sector yaitu fisik dan software…..Untuk mengatasinya ada beberapa cara, diantaranya menggunakan software untuk menghilangkan badsector….pembahan lebih lanjut ada di eBook Metode perbaikan komputer dan bisa anda dapatkan jika anda bergabung menjadi Member Aktif.

Mengatasi Masalah Pada CD/DVD/ROM/RW

Gejala : Jenis kerusakan yang biasa ditemui :

  1. Tidak terdeteksi di windows
  2. Tidak bisa keluar masuk CD
  3. Tidak bisa membaca/menulis/hanya bisa membaca saja. (CD)
  4. Tidak bisa membaca/menulis/write protect (Floppy disk)

Solusi :

  1. Periksa kabel data dan kabel tegangan yang masuk ke CD-floppy, perikas di setup bios apakah sudah dideteksi? sebaiknya diset auto. Periksa apakah led menyala, jika tidak kerusakan di Controllernya.
  2. Kerusakan ada pada mekanik motor atau karet motor.
  3. Kerusakan Biasanya pada optik, tetapi ada kemungkinan masih bisa diperbaiki dengan cara men-set ualng optik tersebut.
  4. Head Kotor, bisa dibersihkan menggunakan Cutenbud

(langkah-langkah diatas secara lengkap dapat anda temukan di e-book “Metode perbaikan komputer cepat dan akurat” dan bisa anda dapatkan jika anda bergabung menjadi member perbaikankomputer.com

Masalah BIOS

Gejala : Hati-hati dalam Update Bios, ketika meng-Update anda keliru memilih versi Bios, PC jadi tidak jalan bahkan anda tidak dapat masuk ke BIOS.

Solusi : Biasanya Update tidak dapat dibatalkan, hanya jenis Motherboard tertentu yang memiliki backup BIOS pada Chip-nya, Disitu tersimpan jenis asli BIOS yang tidak dapat dihapus, untuk dapat merestore-nya anda tinggal memindahkan Posisi Jumper khusus yang biasanya sudah ada petunjuk di buku manualnya. Kemudian hidupka PC dan tunggu 10 detik, BIOS yang asli telah di Restore, kembalikan Posisi Jumper pada posisi semula, dan PC siap dijalankan kembali. Jika Motherboard tidak memiliki pasilitas tersebut, Chip BIOS harus dikirim ke Produsen, Jenis BIOS dapat anda lihat di buku manualnya. Berhati-hati dalam pemasangannya jangan sampai kaki IC BIOS patah atau terbalik Posisinya.

Gejala : CPU mengeluarkan suara Beep beberapa kali di speakernya dan tidak ada tampilan ke layar monitor, padahal monitor tidak bermasalah.

Solusi : Bunyi Beep menandakan adanya pesan kesalahan tertentu dari BIOS, Bunyi tersebut menunjukan jenis kesalahan apa yang terjadi pada PC, Biasanya kesalahan pada Memory yang tdk terdeteksi, VGA Card, yang tidak terpasang dengan baik, Processor bahkan kabel data Monitor pun bisa jadi penyebabnya.Silahkan anda periksa masalah tersebut.

Berikut Pesan kesalahan BIOS

Bunyi kesalahan BIOS biasanya tidak semua Motherboard menandakan kesalahan yang sama tergantung dari jenis BIOS nya.

[AMI BIOS]

Beep 1x : RAM/Memory tidak terpasang dengan Baik atau Rusak, Beep 6x : Kesalahan Gate A20 – Menunjukan Keyboard yang rusak atau IC Gate A20-nya sendiri, Beep 8x : Grapihic Card / VGA Card tidak terpasang dengan baik atau Rusak, Beep 11x : Checksum Error, periksa Batre Bios, dan ganti dengan yang baru.

[AWARD BIOS]

Beep 1x Panjang : RAM/Memory tidak terpasang dengan Baik atau Rusak, Beep 1x Panjang 2x Pendek : Kerusakan Pada Graphic Card (VGA), Periksa bisa juga Pemasangan pada slotnya tidak pas (kurang masuk), Beep 1x Panjang 3x Pendek : Keyboard rusak atau tidak terpasang. Beep Tidak terputus / bunyi terus menerus : RAM atau Graphic Card tidak terdeteksi.

Batrey CMOS Rusak / Lemah

Gejala : Muncul Pesan CMOS Checksum Vailure / Batrey Low, diakibatkan tegangna yang men-supply IC CMOS/BIOS tidak normal dikarenakan batrey lemah, sehingga settingan BIOS kembali ke Default-nya/setingan standar pabrik, dan konfigurasi Hardware harus di Set ulang.

Solusi : Segera Ganti Batrey nya

Gejala : CPU yang sering Hang?

Solusi : Ada beberapa faktor terjadi hanging diantaranya : Ada BadSector di Harddisk, Ada Virus, Ada masalah di Hardware seperti Memory Kotor/Rusak, MBoard Kotor/Rusak, Cooling Fan perputaran fan nya sudah lemah, Power Supply tidak stabil…..sebaiknya jangan dipaksakan untuk digunakan karena akan berakibat lebih fatal, silahkan hub: kami untuk dapat mengatasi masalah tersebut

Gejala : Komputer sering tampil blue screen apa penyebabnya?

Solusi : Pesan Blue Screen bisa disebabkan system windows ada yang rusak, Bisa dari Memory, Bisa dari hardisk, bisa dari komponen lainnya, tergantung pesan blue screen yang ditampilkan.

Gejala : Komputer jadi lebih lambat dari sebelumnya, padahal awalnya tidak begitu lambat

Solusi : Penyebab komputer anda prosesnya lambat ada beberapa faktor yaitu : Space hardisk terlalu penuh, terlalu banyak program / software yang memakan space harddisk dan memory, ada virus, harddisk badsector.

About these ads
  1. marinadevina
    November 8, 2010 at 5:53 pm

    saya cari tips yang seperti ini.

    sekarang baru ketemu ! he..he…he…

    kang ! kalo boleh marina bertanya tentang pc trouble,

    apa penyebabnya komputer yang selalu restart,padahal virus tidak ada ?.misalnya disaat meng-klik sebuah program ?
    lalu mengapa driver sound selalu hilang padahal tidak diuninstal ?

    marina tunggu jawabanya terimakasih !

    • November 9, 2010 at 3:16 am

      he..he Terima kasih dah berkunjung,
      Boleh @marina, kalau komputer sing restart
      pertama masalah hadware, coba cek Fan Prosesor kipasnya berjalan normal ga, itu biasanay komputer sering restart sendiri karena kurangya pendining pada prosesor.

      Kedua Virus, virus kadang bisa membuat komputer sering restart sendiri, coba Scan hardisknya dengan cara di Slave dengan komputer yang lain,dengan catatan komputer sehat bebas virus dan yang paling penting antivirusnya update terkini.
      Kalau sudah selesai pasang lagi hardisknya dan coba windowsnya berjalan normal ga.
      Itu menurut saya he..he.. selamat mencoba

  2. ezoel
    November 11, 2010 at 1:04 am

    Kang, saya ada masalah tentang CMOS nih, mohon bantuannya. Begini Kang, jam17.00-22.00 itu listrik di rumah suka tiba2 drop, tanda2nya seperti lampu yang meredup-redup, PC saya ini biasanya akan merestart kalo lagi drop, biasanya bisa masuk lagi baru saya shutdown, tetapi yang terahir terjadi habis restart belum sempat masuk windows restart lagi, saya langsung matikan dari tombol power, besoknya pas baru dinyalahkan di tampilan awal [yg kita bisa masuk BIOS kalo tekan del], tampilan berhenti disitu aja, di bagian bawah ada tulisan:
    -CMOS checksum bad
    -CMOS date/time not set
    -F1 ke setup
    -F2 normal value and continue, pokoknya langsung ke windows, dan tampilan seperti penjelasan “Batrey CMOS Rusak / Lemah” diatas.
    Ini selalu terjadi [sudah beberapa hari belakangan] setiap kali baru menyalahkan PC.
    Apa ini temasuk gejala Batrey CMOS Rusak / Lemah?
    Saya juga tidak mengerti mengenai Batrey CMOS, bisa dijelaskan Kang?
    Setelah masuk windows saya melakukan check eror [my computer – klik kanan c: – properties – tools – eror shecking – check now], disk cleanup, dan Defrag, apa melakukan hal tersebut secara rutin bisa merusak program atau perangkat lainnya?
    Itu dulu yang mau saya tanyakan kang, maaf kalo pertanyaannya kepanjangan. Terima kasih Kang.

  3. December 9, 2010 at 10:24 pm

    Kang mo tanya nih, Sy bru install Windows Xp, tapi gak bisa boot, muncul pilihan start windows normally,safe mode,… etc
    waktu saya pilih start win normally, komp nya restart lagi(begitu seterusnya)
    dan waktu pilih safe mode, dia berhenti pada mup.sys trus tampil dalam safe mode.
    gimana ya kang solusinya?
    THx for info

    • February 11, 2011 at 3:51 am

      Ada baiknya sebelum Install Hardisk mas Scan dulu dengan cara di slave dengan komputer yang lain, terus untuk install Windows sebaiknya CD Xp yang masih bagus bodynya, pengaruh banget kalau CD tidak bagus, nanti akan berakibat fatal di file-file xp,

  4. robet arif
    February 11, 2011 at 1:28 am

    mas aku mau tanya ni cpu ku lagi eror masalahnya di fun prosesor kok setelah berjalan beberapa detik saja fun prosesornya langsung berhenti. dan sekarang sudah gak bisa jalan. sebelumnya saya bersihkan soalnya banyak debu?
    gimana solusinya?…….. Trimakasih

    • February 11, 2011 at 3:46 am

      @mas robet, ok sebelum kita menganganalisa kerusakan, kita harus teliti dan langkah kita, supaya tidak terjadi kerusakan fatal,
      >Pertama sekali cek dulu arus listriknya.
      >Periksa kipas Fan CPU suplay power tidak, alias berputar,kalau berat, ada baikan mas kasih WD40,
      yaitu semacam Oil, untuk menetralisir jalannya kipas.
      >Pemasangan kabel tidak sesuai dengan slot matherboard.
      Coba Periksa dengan teliti lagi, bila masih ada kendala email ke kangrudin@gmail.com.
      Semoga bermanfaat

  5. chris
    June 11, 2011 at 12:43 pm

    Laptop HP Pavilion dv2 Series (win7)
    saya tidak bisa mengakses apa2 lagi
    ketika saya menginstal win7 dan selama instalasi berjalan terdengar binyi mendenging kemudian muncul pesan Error code:0x80070057

    mohon bantuannya terimakasih
    joejb@ymail,com

  6. rudi
    November 22, 2011 at 8:44 am

    mas aku mau tanya waktu aku instal windows bisa lalu masuk tampilan windows loading tiba – tiba eror ada kata – kata dibawahnya seperti “*** stop…..” apa ada masalah dalam harware saya apa yang lainya ? tolong bantuannya mas. terima kasih dan tolong d balas d e-mail saya.

    rud1_adv@yahoo.com

  7. sonymbaren
    January 23, 2012 at 4:50 pm

    bang,saya mau tanya,saya menjaga internet,trus di komputer utama saya itu CPU nya hidup,lampu indikatornya menyala,kipasnya power suplynya jga berputar,lampu indikator pada monitor jga mnyala,layar di monitor jg hidup,tapi tidak ada tampilan gambar seperti billing,mozilla,yahoo,komputer,pokoknya semuanya bang,saya sudah mencobanya dari tadi tapi saya tidak mendapat solusinya…
    mohon bantuannya bang,
    terimakasih.

    • March 7, 2012 at 12:52 am

      @sonymbaren maksih dah mampir di blog ini,itu terinfeksi virus sebangsa malware sebaiknya hardisk di slave pada pc yang normal kemudian scan dengan antivirus yang update sarannya saya pakai norman, kemudian pasang lagi, kalau masih tidak ada perubahan repair saja windowsnya, semoga membantu

  8. AIH RANG AWAK
    February 10, 2012 at 10:39 am

    CMOS CHECKSUM BAD
    CMOS DATE/TIME NOT SET.
    kalau tampilan seperti in gimana bang…? tanks…

    • March 7, 2012 at 12:46 am

      @Aih Rang, itu dikarenakan battery motherboard sudah tidak fungsi lagi, sebaiknya coba ganti yang baru, nanti akan bisa untuk set Date dan Time di motherboard

  9. fendi
    March 10, 2012 at 8:11 am

    Bang Mau Tanya, Ni komputer saya kalo abis dimatiin mau dinyalain lagi ga bisa,ga da Led yang nyala satupun uda diganti kabel power sama aja,,harus tunggu 3-4 jam dulu baru bisa dinyalain lagi,

  10. March 18, 2012 at 1:33 am

    @fendi, mas maslahnya di powersuply lemah mas, coba cek lagi, atau pakai power suply yang lain normal engga

  11. rangga
    April 5, 2012 at 8:13 am

    bang q mau tannya komputer q, led hidup,kipas prosesor jga hidup tetapi tidak da tampilan dimonotor tlg bantuanya.maksih

  12. jusuf
    February 7, 2013 at 6:11 pm

    Maaf saya mohon penjelasan, komputer saya tidak bisa boot, muncul pilihan start windows normally,safe mode,… etc
    waktu saya pilih start win normally, komp nya malah hang dan dan nggak bisa masuk windows. mau repair juga tidak bisa.
    mohon bantu solusinya?

  13. adi
    March 4, 2013 at 6:27 pm

    kang, mau tanya kompi’ku ga ada muncul gambar, lampu lid depan tidak nyala dan lampu keyboard menyala sebentar lalu mati,,,,,
    itu penyebabnya apa….??
    dan apa solusinya….???

    tolong di jawab ya……
    please, please bget,,,,

  14. May 9, 2013 at 1:56 am

    butuh jawaban segera mungkin karena ini menyangkut kesetresan saya,: inilah masalahnya keyboard laptop saya macet spasi sama arah panah kanan nya trus kalau starting selalu diam di sesi Windows Starting(animasi windows nyapun tidak bergerak dan lampu indikator motherboard nyapun mati tidak berkedip) TAPI setelah saya pencet sembarang tombol keyboard windows starting normal kembali lampu indikator berkedip pokonya normal bisa masuk desktop windows DAN Tapi terjadi menjadi normal jika saya mencabut keyboardnya..Gilaaaa, lalu saya coba ganti keyboard dengan yang baru saya pasang sendiri, alhasil tombol keyboard jalan semua CUMA masalah windows starting hangnya masih menempel dan membuat saya setres sudah beragam cara saya lakukan install ulangpun sudah ada 10 X masih tetap saja, dan anehnya lagi jika saya menseting supaya tidak ada pilihan boot manager atau langsung menuju Windows Starting(tanpa memakai pilihan boot manager) malah terjadi suara “Prepett prepettt prepettt” setelah suara itu WIndows starting diam dan menunggu saya menekan keyboard baru jalan. GILA SAJA SAYA MEMIKIRKAN MASALAH INI…apa sebenarnya yang rusak….INI MASALAH SERIUS! WANTED JAWABAN NYA…makasih

  15. August 7, 2013 at 10:43 am

    I’m no longer sure where you are getting your information, but good topic. I must spend a while learning much more or understanding more. Thank you for great information I used to be looking for this information for my mission.

  16. November 21, 2013 at 9:54 am

    kang, mau tanya kira-kira kenapa ya, pc aku gak bisa masuk ke windows xp, setelah dicoba masuk windows xp via safe mode dia berhenti pada bthidmgr.sys tepatnya dibawah mup.sys, solusi gimana ya, haturnuhun

  17. April 28, 2014 at 2:44 pm

    Fantastic blog you have here but I was wanting to know if you knew of any community forums that cover the same topics
    talked about in this article? I’d really love to be a part of community
    where I can get suggestions from other experienced people that
    share the same interest. If you have any recommendations, please let me know.
    Thanks!

  1. February 18, 2013 at 1:28 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: